Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Toko Buku Online

Senin, 14 Maret 2011

Kebiasaan Merusak Otak


By:Cipto Sembodo

Apakah anda termasuk orang super sibuk sehingga lupa dan terbiasa tidak makan pagi? Atau apakah anda tidur selalu dengan menutup kepala? Jika ya jawaban anda, maka perhatikanlah 11 kebiasaan buruk yang ternyata merusak otak kita di bawah ini. Apa saja kebiasaan-kebiasaan yang merusak otak itu? berikut penjelasannya:

1.Tidak Mau Sarapan
Banyak orang menyepelekan sarapan/makan pagi. Padahal, tidak mengkonsumsi makanan di pagi hari  menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Keadaan ini berakibat pada kurangnya nutrisi untuk otak. Jika hal ini menjadi kebiasaan dan berlangsung keterusan, pada gilirannya hanya akan merusak otak. Terjadi kemunduran pada kerja otak kita disebabkan kurangnya nutrisi dan supplay gizi ke otak

2. Kebanyakan Makan !
Terlalu banyak makan atau makan terlalu kenyang juga tidak baik untuk kerja otak kita. Makan terlalu banyak dan atau terlalu banyak makan dapat mengeraskan pembuluh otak. Ini biasanya menyebabkan menurunnya kekuatan mental dan kerja otak.

3. Merokok.
Merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak. Otak seorang perokok bisa menyusut, mengecil sehingga menghilangkan fungsi vitalnya. Tak mengherankan, di waktu tua, seorang perokok berpotensi besar terkena Alzheimer.

4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula.

Terlalu banyak asupan gula menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan berakitab terganggunya perkembangan otak.

5. Polusi Udara.
Otak adalah bagian atau organ tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan yang berpolusi membuat kinerja dan kerja otak menjadi tidak efisien.

6. Kurang Tidur
Tidur memberi kesempatan otak untuk beristirahat.Pada sat tidur, sel-sel otak memperbaharui diri, mengganti sel-sel yang rusak dan memperbaikinya. Oleh karena itu, sering melalikan tidur justru membuat sel-sel otak kelelahan. Pada anak balita, saat tidur juga merupakan saat otak menata sel-selnya, mengembangkan diri dan merekam semua yang dilihat, dialami dan dipelajari saat terjaga dan bermain. Kurang tidur pada anak menyebabkan kerja otak hanya bersifat repetitif, sehingga perkembangan analisis pada anak kurang maksimal.

7. Menutup Kepala Saat Tidur.
Tidur dengan kepala yang ditutupi rapat-rapat adalah kebiasaan yang sangat berbahaya bagi otak. Apa sebabnya? Saat tidur, terjadi produksi karbondioksida dalam rongga otak. Jika kepala tertutup- rapat, berarti ada konsentrasi karbondioksida. Ini berpotensi mencemari otak. Jika menjadi kebiasaan, maka jangan heran otak lama kelamaan akan rusak!!

8. Berpikir Terlalu Keras Saat Sakit
Bekerja keras atau berpikir terlalu keras ketika kondisi fisik sedang tidak fit juga memperparah ketidak-efektifan kerja otak.

9. Kurangnya Stimulasi Otak
Berpikir secara wajar adalah cara yang terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir justru membuat otak menhyusut dan tumpul, dan akhirnya tidak berfungsi maksimal. Jadi, cobalah selalu berpikir .Saat tidak ada aktifitas, sibukkan diri berpikir, misalnya dengan mengisi teka-teki silang. Atau buatlah deret hitung pada kertas kosong. Buatlah hitungan-hitungan sederhana secara cepat dan mengasyikkan. Ini sangat baik untuk melatih kerja otak.

10. Jarang Bicara
Percakapan intelektual biasanya membawa efek yang positif pada kerja otak. Sebaliknya, membisu, berdiam diri seribu bahasa membuat otak tidak maksimal bekerja. Pada anak-anak dan bayi bahkan berbahaya. Banyak penelitian bahwa anak yang kurang diajak berbicara, kemampuan verbalnya sangat kurang. Begitu juga tingkat IQ-nya juga rendah.

11.Berpikir Jorok
Jangan disangka berpikir jorok tidak apa-apa. Imajinasi jorok yang berlebihan membuat pembuluh darah otak sebelah kanan akan mengeras. Efeknya jelas tidak baik untuk perkembangan otak itu sendiri...Jadi, apakah anda suka melamun ke daerah-daerah terlarang untuk umum itu? Berhentilah mulai sekarang juga. Bacalah buku atau bercengkaramalah dengan teman-teman anda. Itu lebih baik...

Mungkin ada satu atau dua dari kebiasaan-kebiasaan di atas sering anda lakukan secara tidak sadar. Mulai sekarang, cobalah untuk sedikit-demi sedikit mengurangi dan menghilangkannya. Otak adalah karunia Tuhan yang tiada terkira hebanya dan manfaatnya. Otak ini pula yang membedakan anda sebagai manusia dan makhluk lain sebagai hewan, binatang. Jika saja monyet belajar membaca terus menerus, pasti suatu saat akan jadi manusia.....

11 Kebiasaan yang Merusak Otak Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/neurology/2117309-11-kebiasaan-yang-merusak-otak/
Shvoong
Situs ringkasan dunia
Anda ingin menjadi penulis dan dibayar dollar? Segeralah menulis di shvoong.
Klik di sini untuk mendaftar


Artikel lain terkait:
Melatonin, Rahaia Tidur dalam Gelap
Tidur dengan Cayaha Terang Beresiko Obesitas
Puasa Melejitkan Kecerdasan Emosi Spiritual
Berzikir Menyehatkan Syaraf
Motivasi Spiritual Lailatul Qadar